Monday 10 November 2014

Banyak orang yang salah menduga ketika mereka tidak mendapati gejala-gejala tertentu, mereka menganggap bahwa kondisi tubuh mereka sedang sehat dan baik-baik saja. Padahal hal tersebut mungkin tidak sepenuhnya benar, karena ada sejumlah indikasi tertentu yang sebenarnya dapat mengatakan bahwa tubuh kita sedang dalam kondisi tidak sehat. Ketidakpekaan kita terhadap indikasi tersebut bisa saja mengarah pada hal-hal yang tidak baik.



Beberapa tanda yang menunjukkan anda sedang tidak sehat


tanda tubuh tidak sehat Berikut ini merupakan tanda-tanda yang mengindikasikan bahwa kita sebenarnya dalam kondisi tidak sehat, diantaranya adalah:


1. Bibir pecah-pecah

Kondisi ini mungkin terdengar remeh dan mengarahkan pikiran kita bahwa hal tersebut karena faktor cuaca. Namun bibir pecah-pecah, terutama dibagian sudut, sebenarnya mengindikasikan bahwa tubuh kita kekurangan vitamin B12. Kurangnya vitamin ini dalam tubuh dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti anemia dan akan mempengaruhi darah. Mengonsumsi suplemen dan makanan yang mengandung vitamin B12 serta berkonsultasi ke dokter akan memperbaiki kondisi tersebut.


2.Kita tidak setinggi dulu lagi

Hal ini mungkin terdengar aneh, tapi seiring bertambahnya usia, ada kecenderungan tubuh kita terlihat semakin pendek. Namun sebenarnya hal tersebut bisa mengindikasikan bahwa ada beberapa jenis masalah yang terjadi pada tulang kita dan khususnya terkait osteoporosis. Masalah dengan penyakit tulang ini adalah bahwa kita akan memiliki kecenderungan untuk mendapatkan patah tulang ketika kita jatuh atau mengembangkan lengkungan tulang belakang, sehingga diagnosis dini akan memungkinkan anda untuk membuat perubahan pada makanan yang dikonsumsi agar dapat memperkecil risiko kejadian terburuk.


3. Sering pilek

Jika anda tampaknya lebih rentah dan sering mengalami pilek, mungkin hal itu menunjukkan bahwa anda perlu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda atau mungkin ada beberapa jenis masalah dengan itu. Tubuh anda mungkin kekurangan vitamin C atau bahkan bisa jadi ada virus yang sedang menyerang dan anda tidak menyadarinya. Terkait masalah ini, mungkin tidak ada salahnya jika anda melakukan tes darah agar diketahui permasalahan sebenarnya.


4. Warna urin terlalu kuning

Adalah penting bahwa anda harus memperhatikan warna urin anda karena hal ini bisa menjadi indikator yang paling berguna mengenai kondisi kesehatan tubuh anda. Apabila anda terhidrasi dengan baik, maka urin anda berwarna terang (normal), namun jika anda sudah merasa minum air yang cukup namun urin anda berwarna terlalu kuning atau gelap, mungkin hal tersebut menunjukkan adanya masalah dengan ginjal anda. Jika sudah begitu, lebih baik segera konsultasikan dengan dokter.


5. Kulit sering bermasalah

Jika anda sering menghadapi permasalahan kulit secara terus menerus seperti jerawat, eksim, atau penyakit lainnya, bisa jadi hal itu lebih dari sekedar kurang baiknya anda dalam menjaga kulit. Sebaliknya, bisa saja hal itu merupakan manifestasi dari reaksi alergi atau mungkin tubuh sedang memberitahukan bahwa anda sedang stres.


6. Tidur tidak seperti biasanya

Jika anda merasa bahwa pola tidur anda terganggu, tidak seperti biasanya, atau anda mengalami insomnia, hal itu bisa menunjukkan bahwa tubuh dan pikiran anda stres. Ketika tidur, tubuh kita seharusnya menurunkan jumlah kortisol. Namun saat kita stres, hal tersebut tidak terjadi sehingga akan menimbulkan gangguan tidur. Apabila kualitas tidur anda tidak baik akibat gangguan tersebut, maka hal itu bisa mempengaruhi kondisi kesehatan anda.


7. Cukup tidur, namun masih merasa lelah

Jika anda merasa cukup tidur, namun masih sering merasa lelah, hal itu mungkin menunjukkan bahwa ada masalah dengan tiroid anda. Masalahnya adalah bahwa kelenjar adrenal anda telah lelah untuk mendukung penggunaan energi tubuh sebelumnya tanpa digantikan dengan cara yang semestinya. Masalah ini kemudian dapat menyebabkan tubuh anda terlihat sedang bekerja terlalu keras karena berusaha melindungi tubuh dari berbagai jenis racun. Ketika hal ini terjadi, maka bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya, sehingga anda disarankan untuk memeriksa tiroid anda pada dokter secepatnya.



No comments:

Post a Comment