Monday 27 April 2015

Koper Sebagai Objek Seni

Koper Sebagai Objek Seni Seperti kami ketahui koper adalah tas pakaian yg dibawa saat bepergian. Namun, bagi Hardiman Radjab, seorang seniman benda koper dijadikannya sebagai objek seni. Bagi seniman alumni IKJ ini, sebuah koper mengandung kisah yg erat kaitannya dgn kehidupan serta penghidupan manusia. Ketika membuka koper, banyak hal yg dpt diapresiasi dan menjadi marquee service office jakarta simbol dari perjalanan waktu. Beragam ide cerita yang diambil dari peristiwa aktual ini dituangkan oleh Hardiman ke karya-karyanya. Yang menjadi acuan awal dalam mewujudkan idenya adalah latar belakang atau sejarah koper itu yang kemudian digabungkan dengan berbagai kejadian menjadi sebuah “narasi”. “Kisah” ini kemudian divisualisasikan ke dalam isi koper tersebut.


“Koper yg aku gunakan ini semuanya adalah koper-koper tua. Aku memang ngga pernah membeli benda tersebut. Semua koper aku peroleh dari keluarga & dari teman-teman,” ujarnya. Karya seni Hardiman ini ialah perpaduan antara unsur hobi mengumpulkan barang-barang serta unsur mekanik. Hal ini dapat terlihat pada karya seri Kawin, Long Journey, Made in Indonesia, Sumur Tanpa Dasar, Curtain Call, Poly Game I, serta 6,3 Skala Richter. Baginya, semua karya yang dibuat haruslah komunikatif dgn pengunjung sehingga dari judulnya saja, pengunjung seudah menangkap artinya. Ini terlihat pada pameran karya seni termasuk 18 buah karya Hardiman di Grand Kemang Hotel, Jakarta. Dalam karyanya


yg berjudul Made in Indonesia misalnya, ia terispirasi dari bencana lumpur Lapindo, sedangkan karyanya yang berjudul 6,3 Skala Richter terinspirasi dari gempa di Padang. Selain tersebut beragam ide banyak diambil dari keadaan dalam kehidupan manusia seperti kritik sosial, dunia politik & bidang budaya. Meskipun demikian karyanya tetap menarik karena dikemas dengan sudut pandang yang sifatnya menghibur. Dgn mendayagunakan benda-benda tua, seperti koper virtual office pondok indah jakarta selatan ini anak kelima dari enam bersaudara ini akn terus memanfaatkan benda-benda tua lainnya untuk dijadikan objek seni, yg nantinya akan dipamerkan pula pada kesempatan berikutnya.



Koper Sebagai Objek Seni

No comments:

Post a Comment