Thursday 29 January 2015

desa wisata tembi

ribuan desa desa lain di indonesia barangkali bisa mengambil inspirasi untuk menjadi desa wisata seperti halnya kreasi kota tomohon di sulawesi utar Read This desa wisata kelor Ribuan Desa-desa lain di Indonesia barangkali bisa mengambil inspirasi untuk menjadi ‘desa wisata’ seperti halnya kreasi Kota Tomohon di Sulawesi Utara.


Ya pemerintah Kota Tomohon di Sulawesi Utara menetapkan lima kelurahan di wilayahnya sebagai desa wisata karena dianggap mempunyai persyaratan serta keunikan tersendiri.


Kelima kelurahan tersebut adalah Kelurahan Rurukan di Kecamatan Tomohon Timur Kelurahan Kakaskasaen II dan Kelurahan Kinilow di Kecamatan Tomohon Utara serta Kelurahan Pinaras dan Lahendong di Kecamatan Tomohon Selatan.


Kepala Dinas Pariwisata Kota Tomohon Gerardus Mogi menjelaskan bahwa kelima kelurahan tersebut ditetapkan sebagai Desa Wisata oleh Kementerian Pariwisata sejak 2012. “Kelurahan-kelurahan itu pantas dipromosikan sebagai destinasi wisata di Kota Tomohon” ujar Gerardus di Tomohon Rabu (28/1/2015).


Menurut dia penetapan desa wisata melalui pertimbangan seperti memiliki potensi pariwisata masyarakatnya secara sadar paham dengan potensi yang dimiliki itu serta berpeluang untuk terus dikembangkan dan ada kunjungan wisatawan. Dia juga berharap ke depan kelurahan-kelurahan lain mengikuti jejak lima kelurahan tersebut.


Kelurahan Rurukan dikenal sebagai destinasi agrowisata yang menyajikan keindahan bentang alam yang hijau dengan tanaman kebun sayur warganya. Di samping itu Rurukan mempunyai obyek wisata berupa kawah aktif Gunung Awu yang aman didaki hingga ke bibir kawah. Dari lokasi ini juga bisa dilihat pemandangan Pulau Bunaken dan Manado Tua di kejauhan.


Sementara di Kelurahan Kakaskasen II dan Kinilow dikenal dengan kerajinan tangan dari bambu serta tanaman bunga yang tersedia sangat melimpah. Bahkan dalam Festival Bunga Internasional di Tomohon Desa Kakaskasen II merupakan pemasok utama bahan baku bunganya. Di kedua desa ini juga terdapat berbagai resort yang nyaman untuk ditinggali.


Sedangkan Kelurahan Pinaras dan Lahendong menyajikan destinasi wisata air panas dan air terjun. Keunikan warna air di Danau Linow di lokasi ini sudah sangat dikenal oleh wisatawan yang datang berkunjung ke Sulawesi Utara.


Gerardus berharap penetapan desa wisata itu bisa memberikan dampak ganda bagi kegiatan ekonomi menuju pada peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat. Dia menambahkan bahwa pemerintah Kota Tomohon berupaya terus memperkenalkan potensi wisata yang dimilikinya ke berbagai negara luar salah satunya melalui Tomohon International Flower Festival yang digelar setiap Agustus


desa wisata di jogja ribuan desa desa lain di indonesia barangkali bisa mengambil inspirasi untuk menjadi desa wisata seperti halnya kreasi kota tomohon di sulawesi utar



desa wisata tembi

No comments:

Post a Comment