Monday 1 December 2014

tips sederhana mengendalikan kadar asam urat

tips sederhana mengendalikan kadar asam urat penyakit asam urat terjadi karena pengonsumsian zat purin yang berlebihan purin diolah di dalam tubuh menjadi asam urat namun apabila kadarnya berleb Read This Tips sederhana mengendalikan kadar asam urat Penyakit asam urat terjadi karena pengonsumsian zat purin yang berlebihan. Purin diolah di dalam tubuh menjadi asam urat namun apabila kadarnya berlebihan ginjal tidak mampu mengeluarkannya melalui urin. Hal ini pada akhirnya membuat asam urat menumpuk di persendian. Jika penumpukan ini terjadi maka bagian sendipun akan terasa nyeri meradang dan kemudian bengkak. Oleh sebab itu kita harus pintar-pintar mengontrol kadar asam urat di dalam tubuh kita.


Untuk mengontrol kadar asam urat sebenarnya tidak terlalu sulit dan hal itu bisa dimulai dari perubahan gaya hidup yang lebih sehat. Ada beberapa tips sederhana untuk mengontrol asam urat dalam tubuh beberapa diantaranya adalah :


1. Mengonsumsi banyak serat


Menurut sejumlah penelitian makanan kaya serat dapat mengendalikan asam urat di dalam tubuh. Jadi tidak ada salahnya anda mencoba tips ini dengan mengonsumsi makanan kaya serat seperti sayuran agar kadar asam urat dalam tubuh tetap terjaga normal.


2. Memasak dengan minyak zaitun


Dibandingkan dengan minyak lainnya minyak zaitun mengandung asam lemak yang lebih rendah. Oleh sebab itu cobalah mengganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun ketika memasak.


3. Hindari makanan manis


Makanan manis memiliki kadar gula yang sangat tinggi dan hal ini dapat meningkatkan asam urat di dalam tubuh. Oleh karena itu hindari atau kurangilah pengonsumsian makanan tinggi gula dan beralihlah ke makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan.


4. Perbanyak minum air putih


Asam urat akan keluar dengan mudahnya melalui urin apabila anda meningkatkan pengonsumsian air putih. Pastikan kebutuhan cairan harian anda terpenuhi dengan baik. Air putih adalah minuman terbaik bagi tubuh.


5. Makan buah ceri


Ceri merupakan salah satu jenis buah yang baik untuk dimakan saat anda menderita penyakit asam urat. Buah ceri mempunyai sifat anti-inflamasi atau anti peradangan yang baik untuk mengontrol asam urat.


6. Tingkatkan asupan vitamin C


Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang dapat mengendalikan asam urat di dalam tubuh anda. Mengonsumsi setidaknya 500 miligram vitamin C secara rutin setiap hari dapat membuat tubuh jadi lebih sehat dan meminimalkan risiko penyakit asam urat.


Asam urat bisa menimbulkan rasa nyeri yang cukup parah pada bagian tubuh tertentu. Semoga tips sederhana ini dapat membantu anda untuk mengontrol kadar asam urat dalam tubuh anda.


Tips sederhana mengendalikan kadar asam urat penyakit asam urat terjadi karena pengonsumsian zat purin yang berlebihan purin diolah di dalam tubuh menjadi asam urat namun apabila kadarnya berleb



tips sederhana mengendalikan kadar asam urat

No comments:

Post a Comment