Friday 12 December 2014

rumah minimalis type 45

rumah minimalis sederhana type 36 dlm arti umum rumah atau disebut juga hunian adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu rumah dapat menjad Read This rumah minimalis sederhana Dlm arti umum rumah atau disebut juga hunian adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Rumah dapat menjadi tempat tinggal manusia maupun hewan namun utk istilah tempat tinggal yang khusus bagi hewan adalah sangkar sarang atau kandang. Dalam arti khusus rumah mengacu pada konsep-konsep sosial-kemasyarakatan yang terjalin di dalam bangunan tempat tinggal seperti keluarga hidup makan tidur beraktivitas dan lain-lain.


Konstruksi Rumah


Sebagai bangunan hunian berbentuk ruangan yg dibatasi oleh dinding dan atap. Hunian mempunyai jalan masuk berupa pintu dengan tambahan berjendela. Lantai rumah biasanya berupa tanah ubin babut keramik atau bahan material lainnya. Rumah bergaya modern biasanya memiliki unsur-unsur ini. Ruangan di dlm hunian terbagi menjadi beberapa ruang yg berfungsi secara spesifik seperti kamar tidur kamar mandi WC ruang makan dapur ruang keluarga ruang tamu garasi gudang teras & pekarangan.


Rumah mempunyai beragam model serta tipe desain yg beragam selain model hunian minimalis terdapat juga beberapa model rumah lain seperti model hunian kontemporer hunian tradisional serta model hunian modern. Selain memiliki berbagai model hunian saat ini juga memiliki ukuran baku seperti rumah type 36 rumah type 45 rumah type 54.


Efisiensi energi


Konstruksi hunian yang bagus hrs memperhatikan efisiensi pemakaian energi. Konstruksi rumah hemat energi di Indonesia yang beriklim tropis ngga serumit konstruksi hunian di negara-negara yg beriklim subtropis lantaran ngga ada perubahan musim yang ekstrim. Kebutuhan energi untuk pencahayaan insulasi ventilasi pengaturan udara & lain-lain ngga sebesar rumah di negara-negara dengan empat musim. Efisiensi energi dpt dimaksimalkan dgn memakai pencahayaan alami di siang hari tata letak lampu penerangan yg tepat pemakaian lampu hemat energi pemasanan ventilasi dan insulasi pada dinding pemilihan atap yang tak menyerap panas serta pemakaian peralatan listrik yg hemat energi.


Dalam desain rumah hemat energi termasuk didalamnya segala rancang bangunan yg ramah lingkungan dgn meminimalkan penggunaan energi gak terbarui serta mengoptimalkan pemanfaatan energi alami. Keterbatasan sumber daya alam membuat konstruksi hunian hemat energi menjadi semakin relevan mulai dari sekarang.[1]


Perlindungan terhadap gempa


Sesuai dengan UU No 28 Tahun 2002 Tentang Bangunan Gedung setiap bangunan wajib memenuhi persyaratan keselamatan salah satunya merupakan perlindungan terhadap gempa.[2] Hal ini perlu diperhatikan karena Indonesia terletak di sebelah tenggara Cincin Api Pasifik sehingga hampir semua wilayahnya memiliki aktivitas seismik dan vulkanik tinggi. Data menunjukkan bahwa rata-rata setiap tahun terjadi sepuluh peristiwa gempa bumi yang mengakibatkan kerusakan yg cukup besar diIndonesia.[3]


Prinsip utama bangunan rumah tahan gempa ada pada denah hunian yg simetris pemilihan material yang ringan serta sistem konstruksi penahan beban yg memadai. Kekenyalan struktur sangat ditekankan untuk mencegah keruntuhanbangunan. Gaya gempa cuma dpt ditahan oleh sistem struktur yg menerus (jalur lintasan gaya yang menerus) dari puncak bangunan sampai ke tanah.[3]


Fungsi Rumah


Dalam kegiatan sehari-hari org biasanya berada di luar rumah untuk bekerja bersekolah atau melakukan aktivitas lain. Aktifitas yang paling sering dilakukan di dlm hunian adalah beristirahat dan tidur. Selebihnya rumah berperan sebagai tempat beraktivitas antara anggota keluarga atau teman baik di dlm maupun di luar hunian pekarangan.


Rumah bisa berfungsi sebagai tempat utk menikmati kehidupan yg nyaman tempat untuk beristirahat tempat berkumpulnya keluarga dan tempat untuk menunjukkan tingkat sosial dalam masyarakat.


rumah minimalis type 45 dlm arti umum rumah atau disebut juga hunian adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu rumah dapat menjad



rumah minimalis type 45

No comments:

Post a Comment