Thursday 4 December 2014

menjadi pendengar baik

pendengar yg baik pendengar yang baik kurangi stres tribunnewscom beberapa pendapat mengatakan bahwa menjadi pendengar yang baik kadang membuat diri terbebani deng Read This pendengar yg baik Pendengar yang Baik Kurangi Stres TRIBUNNEWS.COM – Beberapa pendapat mengatakan bahwa menjadi pendengar yang baik kadang membuat diri terbebani dengan “sampah” orang lain. “Sampah” dalam hal ini adalah masalah-masalah orang lain yang seringkali diceritakan kepada kita dan tersimpan dalam memori. Atau saat menerima instruksi Anda mempunyai pikiran negatif sehingga Anda tidak mau mendengarkan hingga selesai instruksi yang disampaikan.


Dalam hal ini saya memandang dari perspektif yang lain.


www.indonews.co.id Menurut pengalaman saya mendengarkan secara efektif adalah satu dari sekian ramuan sukses dalam kehidupan personal dan professional. Sayangnya hal ini kadang menjadi kelemahan kita yang paling besar juga. Padahal meningkatkan diri untuk mendengarkan secara efektif dapat meningkatkan keuntungan yang luar biasa dalam hal hubungan yang lebih baik meningkatkan kinerja dan yang pasti bahkan bisa mengurangi stress. Bagaimana bisa mengurangi stress ya?


Coba ambil waktu sebentar untuk refleksi diri terhadap kemampuan mendengarkan Anda selama bekerja. Apakah Anda benar-benar mendengarkan apa yang disampaikan teman Anda? Apakah Anda membiarkan mereka menyelesaikan pendapat mereka sebelum Anda bicara? Apakah Anda kadang-kadang menyelesaikan kalimat orang lain saat mereka bicara? Di dalam rapat misalnya apakah Anda sabar dan responsif atau Anda tidak sabar dan reaktif? Apakah Anda membiarkan kalimat orang lain seolah tenggelam atau Anda sering mengambil asumsi bahwa Anda tahu apa yang orang lain ingin katakan sehingga Anda menyela? Coba tanyakan hal-hal di atas pada diri Anda sendiri dan jawablah dengan jujur. Beberapa orang yang saya tanya mengakui bahwa minimal beberapa waktu kemampuan mendengarkan secara efektif mereka perlu ditingkatkan.


Ada banyak macam-macam penyebab mengapa mendengarkan secara efektif adalah teknik mengurangi stress yang baik. Orang yang menjadi pendengar yang baik bagi orang lain akan dihormati dan dihargai orang-orang di sekitarnya dan dicari-cari. Coba posisikan Anda menjadi seseorang yang berada di sekitar orang lain yang mempunyai kemampuan mendengarkan yang efektif atau populernya pendengar yang baik atau singkatnya teman yang baik. Begini pendengar yang benar-benar baik itu sangat jarang sehingga saat Anda berada di sekitar orang yang punya kemampuan mendengarkan secara baik Anda merasa nyaman dan merasa special. Karena pendengar yang baik / efektif itu biasanya dicintai orang lain yang bekerja sama dengannya atau yang tinggal bersamanya. Pendengar yang baik biasanya menghindari banyak penyebab aspek stress dalam bekerja misalnya fitnah dendam sabotase dan rasa sakit hati.


http://www.indonews.co.id/panduan-tutorial-lengkap-cara-membuat-blog-di-blogger-com/ Pendengar yang baik itu mudah berada di sekitar siapapun juga sangat natural dalam bersosialisasi sehingga dengan sendirinya Anda ingin selalu bergaul bersamanya dan membantu mereka karena mereka sering membantu Anda. Oleh karena itu ketika Anda menjadi pendengar yang baik banyak sekali kemungkinan bahwa banyak orang ingin berada di sekitar Anda untuk menawarkan bantuan. Orang cenderung loyal kepada pendengar yang baik karena orang tersebut merasa dihargai dan diperhatikan.


Mendengarkan secara efektif membantu Anda untuk memahami apa yang orang lain sampaikan sejak mereka menyampaikannya pertama kali. Hal tersebut akan menghindari banyak kesalah pahaman dan interpertasi yang keliru yang Anda tahu bahwa hal itu sangat membuat stress.


Ketika Anda bertanya kepada orang lain kira-kira apa yang membuat mereka marah kebanyakan yang membuat mereka frustrasi dan marah adalah “karena tidak didengarkan”. Hal ini ada di bagian atas dari daftar yang membuat sebagian orang frustrasi. Jadi menjadi orang yang perhatian terhadap apa yang orang lain sampaikan akan mencegah Anda kedalam konflik interpersonal.


Hal penting yang lain pada akhirnya mendengarkan secara efektif adalah mengefektifkan waktu kita karena dapat mengurangi bahkan menghilangkan terjadinya kesalahan-kesalahan. Instruksi dan beberapa concern dari orang lain pun bisa menjadi sangat jelas dan menghilangkan terjadinya error yang tidak terlalu perlu dan time-consuming.


Hal ini adalah strategi yang sangat kuat yang dapat memberikan hasil cepat dan signifikan. Anda mungkin harus bekerja agak keras pada awalnya namun jika Anda benar-benar mencobanya hal ini sangat bermanfaat dalan kehidupan Anda.


Orang-orang yang bekerja di sekitar Anda mungkin tidak terlalu melihat perbedaan dari apa yang Anda lakukan untuk pertama kalinya. Namun pada saatnya nanti teman-teman Anda akan merasakan hal yang berbeda saat bersama Anda atau saat berbicara dengan Anda. Tambahan lain Anda akan menjadi pribadi yang lebih tenang dan damai sehingga secara alami Anda menjadi pribadi yang disukai dan dikagumi


Dalam menerapkan kemampuan mendengarkan secara efektif perlu diperhatikan juga aspek-aspek lain yang mempengaruhi. Misalnya kapan Anda perlu asertif dan bagaimana cara Anda menyimpan dalam ingatan apa yang Anda dengar terkait segala hal yang disampaikan kepada Anda.


pendengar yang baik dalam komunikasi pendengar yang baik kurangi stres tribunnewscom beberapa pendapat mengatakan bahwa menjadi pendengar yang baik kadang membuat diri terbebani deng



menjadi pendengar baik

No comments:

Post a Comment