Sunday 21 December 2014

manfaat renang untuk kesehatan

manfaat renang untuk kesehatan renang adalah salah satu alternatif olahraga yang menyenangkan untuk mendapatkan kebugaran tubuh renang tidak membutuhkan partner layaknya sepakbola Read This manfaat renang untuk kesehatan Renang adalah salah satu alternatif olahraga yang menyenangkan untuk mendapatkan kebugaran tubuh. Renang tidak membutuhkan partner layaknya sepakbola bulutangkis ataupun basket. Jadi jika anda kesulitan mencari rekan untuk berolahraga maka berenanglah. Renang juga merupakan olahraga keluarga olahraga universal yang bisa dilakukan oleh siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang tua.


Manfaat Renang


Sama halnya dengan aktivitas fisik yang lain renang juga memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Menurut para ahli renang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan otak meredakan stres membantu permasalahan asma hingga menurunkan risiko terkena penyakit diabetes. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa renang dapat menghindarkan anda dari serangan stroke. Adapun manfaat renang yang lain adalah sebagai berikut :


Membakar kalori secara efektif


Renang dapat membantu pembakaran kalori sebanyak 500 hingga 650 kalori per jam tergantung seberapa efisien dan efektif anda berenang. Jika dibandingkan dengan lari dan bersepeda pembakaran kalori yang dihasilkan dari aktivitas berenang juga tidak kalah dahsyat. Efektivitas pembakaran kalori renang hanya terpaut tidak lebih 11% dari lari dan tidak lebih 3% dari bersepeda (asumsi: lama aktivitas adalah sama). Hal ini tentunya juga dapat mengontrol berat badan anda agar tetap ideal.


Membantu permasalahan artritis


Renang menawarkan aktivitas fisik yang minim risiko memberikan rasa aman pada tulang dan sendi dari risiko cidera seperti yang sering terjadi pada olahraga lainnya seperti lari. Renang dan aktivitas air lainnya sering dimanfaatkan untuk terapi rehabilitasi seperti pada orang penderita artritis (peradangan pada satu atau lebih persendian).


Mengencangkan otot tubuh secara merata


Renang dinilai sebagai aktivitas fisik yang sangat efektif dalam mengencangkan otot-otot tubuh. Air memberikan tekanan hampir 12 kali lipat pada otot sama seperti udara. Renang adalah olahraga yang memberikan kesempatan pada hampir seluruh bagian tubuh yakni mulai dari bagian atas hingga bagian bawah untuk bergerak. Hal inilah yang membuat renang dianggap sebagai latihan fisik yang ideal untuk mengencangkan otot-otot di hampir seluruh bagian tubuh. Gaya kupu-kupu pada renang sangat efektif dalam mengencangkan otot-otot bagian atas dan bawah tubuh seperti bahu pinggul hingga kaki.


Menurunkan tekanan darah tinggi


Renang membutuhkan napas yang kuat yang dapat berefek pada meningkatnya sirkulasi. Renang diketahui dapat mengontrol tekanan darah sehingga baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru. Renang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan merupakan pilihan yang efektif bagi penderita obesitas serta mereka yang kesulitan berpartisipasi di olahraga lain seperti sepakbola atau basket.


manfaat renang untuk kesehatan renang adalah salah satu alternatif olahraga yang menyenangkan untuk mendapatkan kebugaran tubuh renang tidak membutuhkan partner layaknya sepakbola



manfaat renang untuk kesehatan

No comments:

Post a Comment