Monday 8 December 2014

kapal thailand ditangkap

kapal nelayan thailand menteri kelautan dan perikanan susi pudjiastuti menyatakan telah bertemu dengan duta besar thailand untuk indonesia paskorn siriyaphan pertemuan ters Read This kapal perang thailand Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan telah bertemu dengan Duta Besar Thailand untuk Indonesia Paskorn Siriyaphan. Pertemuan tersebut membahas pencurian ikan di perairan Indonesia oleh kapal-kapal nelayan milik asing. (Baca: Malaysia Stop Ekspor Ikan ke Singapura)


Pada Jumat 21 November 2014 Menteri Susi bersama Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo mengumumkan pemerintah telah menangkap lima kapal asing ilegal di Laut Natuna Kepulauan Riau. Kapal-kapal itu akan ditenggelamkan untuk memberikan efek jera.


Menurut Susi empat dari lima kapal asing itu berasal dari Thailand. Setelah penangkapan Susi meminta pengusaha perikanan di Thailand tak menangkap ikan secara ilegal di perairan Indonesia. “Saya menyampaikan ke Duta Besar Thailand agar jangan melakukan apa pun. Do more nothing” ujar Susi dalam pertemuan dengan sejumlah pemimpin media massa di kantornya Senin 1 Desember 2014. (Baca: Waspadai Pencurian Ikan Polisi Jaga Tepi Laut)


Menurut Susi dalam pertemuan tersebut Siriyaphan menyatakan tak keberatan bila pemerintah Indonesia bertindak tegas terhadap kapal asing yang kedapatan mencuri ikan. “Dubes Thailand menyatakan silakan kalau mau ditindak secara hukum” tutur Susi. Akibat illegal fishing kata Susi potensi kerugian yang dialami Indonesia mencapai US$ 15-20 miliar.


Padahal sektor perikanan ujar Susi seharusnya bisa menjadi andalan bagi Indonesia. Dengan garis laut terpanjang kedua di dunia ekspor ikan Indonesia hanya menduduki peringkat kelima di ASEAN. Ironisnya “Harga ikan di Indonesia mahal sekali” tuturnya.


Dalam wawancara khusus dengan Tempo beberapa waktu lalu Susi menyatakan siap menenggelamkan kapal pencuri ikan untuk mengatasi hal ini. Susi mengaku geram dengan aktivitas pencurian ikan. Susi siap mengerahkan pesawat Susi Air miliknya untuk mengebom kapal asing itu satu per satu. “Asalkan presiden kasih perintah saya lakukan dengan senang hati” ujar Susi.


kapal isap thailand menteri kelautan dan perikanan susi pudjiastuti menyatakan telah bertemu dengan duta besar thailand untuk indonesia paskorn siriyaphan pertemuan ters



kapal thailand ditangkap

No comments:

Post a Comment