Tuesday 9 December 2014

ini prediksi pengamat terhadap nilai rupiah akhir tahun

ini prediksi pengamat terhadap nilai rupiah akhir tahun pengamat ekonomi agustinus prasetyantoko memprediksi titik terendah pelemahan rupiah hingga akhir tahun akan sama seperti kurs pada tahun 2008 yaitu m Read This Ini Prediksi Pengamat Terhadap Nilai Rupiah Akhir Tahun Pengamat Ekonomi Agustinus Prasetyantoko memprediksi titik terendah pelemahan rupiah hingga akhir tahun akan sama seperti kurs pada tahun 2008 yaitu mencapai Rp12.400. Sedangkan titik


penguatan rupiah akan mencapai Rp12 ribu.


“Maksimal ya Rp12.400. Itu kan titik terendah di 2008. Kalo situasi tahun ini dianggap seburuk tahun 2008 ya Rp12.400 lah” ujar Prasetyantoko di Jakarta Selasa 9 Desember 2014.


Dirinya menjelaskan pelemahan nilai tukar rupiah yang terjadi belakangan ini sesungguhnya terjadi secara fundamental yaitu tekanan dari global dari perbaikan ekonomi Amerika Serikat yang tak diikuti oleh perbaikan ekonomi di negara maju lainnya.


“Negara Eropa Jepang dan China masih melemah perekonomian global adalah pesawat yang terbang dengan satu motor. Pelemahan China cukup mengganggu karena negara tersebut merupakan salah satu rekanan perdagangan utama” imbuhnya.


Agustinus mengungkapkan fluktuasi rupiah terjadi sejak pengumuman penghentian quantitative asing oleh The Fed. Serta adanya sentimen positif dan negatif pasca pemerintahan baru.


“Sentimen paling kuat terjadi saat Joko Widodo dicalonkan jadi presiden oleh partainya” tuturnya.


Selain itu dia juga menuturkan perekonomian Indonesia hingga kini masih berada dalam kondisi sulit. Dimana defisit yang terus melebar akan membuat investasi tak bisa digenjot terlalu besar.


“Dengan begitu defisit neraca perdagangan kita juga akan melebar” ujarnya.


Ini Prediksi Pengamat Terhadap Nilai Rupiah Akhir Tahun pengamat ekonomi agustinus prasetyantoko memprediksi titik terendah pelemahan rupiah hingga akhir tahun akan sama seperti kurs pada tahun 2008 yaitu m



ini prediksi pengamat terhadap nilai rupiah akhir tahun

No comments:

Post a Comment