Thursday 4 December 2014

gaya hidup sehat yang bisa menurunkan risiko demensia

gaya hidup sehat yang bisa menurunkan risiko demensia lima cara sederhana dan perubahan gaya hidup dapat mengurangi risiko demensia secara signifikan ungkap sebuah penelitian yang dilakukan selama kurang Read This Gaya Hidup Sehat Yang Bisa Menurunkan Risiko Demensia Lima cara sederhana dan perubahan gaya hidup dapat mengurangi risiko demensia secara signifikan ungkap sebuah penelitian yang dilakukan selama kurang lebih 35 tahun oleh para peneliti asal Inggris. Demensia adalah sindrom berupa penurunan fungsional yang diakibatkan oleh kelainan yang terjadi pada otak.


Gaya Hidup Sehat Yang Dapat Turunkan Risiko Demensia


Temuan yang dipublikasikan secara online dalam jurnal PLOS One dan dilansir dari Medical News Today ini menunjukkan bahwa menerapkan 5 pola hidup sehat berikut ini dinilai lebih efektif untuk mengurangi risiko penurunan kognitif yang berkaitan usia dibandingkan dengan pengobatan medis atau prosedur pencegahan lainnya. Pola hidup sehat yang dimaksud adalah :


Berolahraga secara teratur.


Tidak merokok.


Tidak mengonsumsi alkohol.


Menjaga berat badan tetap ideal.


Mengonsumsi makanan sehat.


“Apa yang penelitian tersebut tunjukkan adalah bahwa mengikuti gaya hidup sehat dapat memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh” ujar Peter Elwood pemimpin peneliti dari Cardiff University’s School of Medicine.


Temuan ini didasarkan pada analisis perilaku sehat diantara 2.235 pria berusia 45 hingga 49 tahun mulai dari tahun 1979 hingga 2004 di Caerphilly Inggris. Selama penelitian berlangsung diabetes penyakit vaskular kanker dan kematian dicatat bersamaan dengan pengecekan kognitif.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang mengikuti setidaknya empat diantara lima pola hidup sehat di atas diketahui mengalami penurunan risiko demensia dan risiko penurunan kognitif sebesar 60 persen. Selain itu risiko untuk terkena diabetes stroke penyakit jantung juga menurun dibandingkan dengan mereka yang tidak mengikuti pola hidup sehat tersebut.


Ketika terjadi penurunan risiko demensia tim peneliti mencatat bahwa olahraga adalah faktor yang paling kuat diantara empat lainnya.


“Jumlah penurunan angka kejadian terhadap demensia dengan menerapkan langkah-langkah atau pola hidup sehat yang sederhana telah membuat kami takjub dan hal ini sangat penting bagi mereka yang mulai menua” kata Elwood. Doug Brown MD direktur penelitian dan pengembangan di Alzheimer Society mengatakan bahwa temuan tersebut memberikan bukti baru yang kuat untuk menunjang hubungan antara pikiran dan tubuh sebagaimana keduanya berhubungan dengan kesehatan fisik dan mental.


“Kami telah mengetahui untuk beberapa waktu bahwa apa yang baik bagi jantung juga baik untuk kepala dan studi ini memberikan bukti lebih lanjut untuk menunjukkan bahwa hidup sehat dapat mengurangi risiko demensia secara signifikan” lanjut Brown.


Gaya Hidup Sehat Yang Bisa Menurunkan Risiko Demensia lima cara sederhana dan perubahan gaya hidup dapat mengurangi risiko demensia secara signifikan ungkap sebuah penelitian yang dilakukan selama kurang



gaya hidup sehat yang bisa menurunkan risiko demensia

No comments:

Post a Comment