Sunday 7 December 2014

efek negatif dari olahraga yang dilakukan secara berlebihan

efek negatif dari olahraga yang dilakukan secara berlebihan efek negatif dari olahraga yang dilakukan secara berlebihan olahraga sangat baik untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh namun demikian jika an Read This Efek negatif dari olahraga yang dilakukan secara berlebihan Efek negatif dari olahraga yang dilakukan secara berlebihan – Olahraga sangat baik untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Namun demikian jika anda melakukannya secara berlebihan maka hal itu akan menjadi sebaliknya. Untuk mendapatkan kebugaran dan menjaga kesehatan tubuh tidak perlu berolahraga secara berlebihan. Tiga puluh menit per hari atau 90 menit per minggu dinilai sudah cukup untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh anda.


Olahraga berlebihan bisa menjadi kontraproduktif bagi kesehatan anda secara keseluruhan melemahkan sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan risiko cedera dan penyakit. Ada beberapa tanda yang bisa diketahui apakah anda berolahraga secara berlebihan atau tidak diantaranya adalah :


1. Merasa lelah kehabisan energi


Alih-alih mendapatkan kebugaran olahraga berlebihan akan membuat tubuh anda merasa lelah seolah kehabisan energi. Apabila sehabis olahraga anda berkeinginan untuk langsung tidur bisa jadi olahraga yang anda lakukan terlalu berlebihan.


2. Terserang penyakit


Berolahraga secara berlebihan juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga sulit untuk menghadang datangnya virus yang pada akhirnya mengundang penyakit seperti salah satunya adalah flu.


3. Detak jantung meningkat


Olahraga berlebihan akan membuat detak jantung semakin meningkat menjauhi angka normal. Apabila anda merasakan detak jantung anda berdebar lebih kencang dari biasanya bisa jadi itu merupakan tanda bahwa tubuh anda memerlukan istirahat yang cukup.


4. Kaki terasa berat


Olahraga yang dilakukan berlebihan daripada biasanya juga bisa membuat kaki terasa berat dan ini merupakan tanda bahwa kaki anda juga perlu istirahat. Untuk mempercepat pemulihan anda bisa melakukan peregangan ringan atau bisa dengan pijatan.


5. Nyeri otot


Apabila anda merasakan nyeri otot di beberapa bagian tubuh lebih dari 48 jam setelah berolahraga bisa jadi olahraga yang anda lakukan cukup berlebihan. Sama seperti saran sebelumnya untuk mempercepat pemulihan anda bisa melakukan pijatan atau peregangan ringan untuk beberapa hari ke depan.


Itulah beberapa tanda bahwa anda melakukan olahraga secara berlebihan. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari berolahraga anda tidak perlu melakukannya terlalu keras dan dengan waktu yang lama. Cukup beberapa menit setiap hari dan yang terpenting adalah rutin maka itu sudah baik buat kesehatan anda


Efek negatif dari olahraga yang dilakukan secara berlebihan efek negatif dari olahraga yang dilakukan secara berlebihan olahraga sangat baik untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh namun demikian jika an



efek negatif dari olahraga yang dilakukan secara berlebihan

No comments:

Post a Comment