Friday 5 December 2014

cegah kanker

cegah kanker servik tomat tentu sudah tak asing lagi bagi orang indonesia makanan ini tak hanya menyehatkan namun ternyata juga bisa mencegah salah satu jenis kanker yan Read This melestarikan.com Tomat tentu sudah tak asing lagi bagi orang Indonesia. Makanan ini tak hanya menyehatkan namun ternyata juga bisa mencegah salah satu jenis kanker yang ditakuti para pria yaitu kanker prostat.


Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa komponen yang ada dalam tomat bisa membantu menurunkan risiko pria terkena kanker prostat. Komponen tersebut antara lain adalah lycopene sebuah antioksidan karotenoid yang memberikan warna merah pada tomat. Lycopene selama ini diketahui bisa meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mencegah penyakit jantung.


Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti di University of Bristol mengungkap bahwa pria yang mengonsumsi 10 porsi tomat atau lebih dalam waktu seminggu mengalami penurunan risiko kanker prostat hingga 18 persen. Penelitian yang dipimpin oleh Vanessa Er ini dilakukan pada 1.806 pria yang memiliki kanker prostat pada usia 50 – 69 tahun dan membandingkannya dengan 12.005 pria yang tak memiliki kanker.


“Tomat penting untuk pencegahan kanker prostat. Meski begitu penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengonfirmasi penelitian ini” tulis peneliti seperti dilansir oleh Daily Health Post (05/12).


Meski tomat diketahui bisa menurunkan risiko kanker prostat namun sebaiknya pria masih makan sayuran dan buah yang lain untuk mendapatkan nutrisi yang berimbang. Selain itu peneliti juga mewanti-wanti pria agar tidak terlalu banyak mengonsumsi produk tomat olahan seperti saus tomat pizza dan lainnya.


Walaupun terbuat dari tomat namun produk-produk olahan tersebut tentunya telah dicampur dengan bahan lain yang tak menyehatkan seperti garam gula lemak dan lainnya. Peneliti juga menjelaskan bahwa selain tomat sayuran dan buah yang kaya serat juga bisa dikonsumsi untuk menurunkan risiko kanker.


Selain makan tomat peneliti juga mengungkap cara lain untuk mencegah kanker prostat antara lain adalah dengan mengonsumsi teh hitam. Minum teh hitam dan makan wortel diketahui bisa mengurangi risiko kanker prostat dari hingga 20 sampai 30 persen.


melestarikan.com tomat tentu sudah tak asing lagi bagi orang indonesia makanan ini tak hanya menyehatkan namun ternyata juga bisa mencegah salah satu jenis kanker yan



cegah kanker

No comments:

Post a Comment