Wednesday 12 November 2014

Manfaat Teh Hitam Bagi Kesehatan

Manfaat Teh Hitam Bagi Kesehatan – Teh sudah lama dikenal sebagai minuman alami yang baik bagi kesehatan. Berbagai bahan alami yang menjadi komposisi teh dipercaya menyimpan banyak mineral dan vitamin yang memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Teh memiliki banyak jenis, mulai dari teh hijau hingga teh hitam. Adapun perbedaan teh hitam dengan teh lainnya adalah dari proses penjemuran daun teh yang lebih lama dibandingkan proses penjemuran jenis teh lainnya.

Manfaat Kesehatan Dari Teh Hitam


Sama seperti jenis teh lainnya, teh hitam juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh, diantaranya adalah :


Meningkatkan kesehatan mulut

Teh hitam memiliki kandungan polifenol yang dapat menghancurkan bakteri jahat di dalam mulut. Bakteri tersebut dapat membuat gigi berlubang, plak, dan juga infeksi mulut lainnya.


Melindungi tubuh dari radikal bebas

Polifenol yang terkandung dalam teh hitam termasuk jenis zat antioksidan memiliki peran positif dalam melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas. Polifenol juga dapat mencegah kerusakan DNA.


Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Teh hitam diketahui juga mengandung alkylamines, yakni antigen yang bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, teh hitam juga mengandung senyawa tanin. Tanin memiliki peran dalam mencegah penyakit ringan akibat virus.


Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan tanin dan fitokimia yang ada pada teh hitam mempunyai efek restoratif pada saluran pencernaan. Efek tersebut akan membuat sistem pembuangan kotoran menjadi lebih lancar sehingga pada akhirnya juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan.


Melindungi jantung

Mengonsumsi teh hitam juga dapat melindungi kesehatan jantung secara keseluruhan. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi teh hitam tiap harinya diketahui mengalami penurunan risiko untuk terkena stroke dan penyakit jantung sebesar 20%.


Memperkuat tulang dan gigi

Selain bermanfaat positif dalam menjaga kesehatan pencernaan, kandungan fitokimia yang ada pada teh hitam juga dapat memperkuat tulang dan gigi serta mampu mengurangi risiko penyakit arthritis.


Mencegah kanker

Teh hitam dipercaya mempunyai peran untuk membantu mencegah kanker. Hal ini karena teh hitam mengandung polifenol catechin yang dapat membantu mencegah jenis kanker tertentu. Wanita yang rutin mengonsumsi teh hitam juga dapat terhindar dari risiko kanker ovarium.


Menurunkan risiko diabetes

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi teh hitam secara rutin juga dapat menurunkan risiko penyakit diabetes.



Manfaat Teh Hitam Bagi Kesehatan

No comments:

Post a Comment