Wednesday 26 November 2014

ini akar penyebab kebakaran hutan di riau

tim gabungan unit kerja presiden bidang pengawasan dan pengendalian pembangunan ukp4 melakukan audit kepatuhan terhadap perusahaan perkebunan dan ke Read This Ini Akar Penyebab Kebakaran Hutan di Riau Tim Gabungan Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) melakukan audit kepatuhan terhadap perusahaan perkebunan dan kehuatanan yang ada di Riau. Audit dilakukan guna mencari akar permasalahan penyebab kebakaran hutan yang kerap terjadi di Riau.


Melalui surat elektronik yang diterima detikcom Selasa (14/10/2014) Kepala UKP4 Kuntoro Mangkusubroto mengatakan audit adalah salah satu dari 13 rencana aksi yang disepakati guna mencegah kebakaran hutan dan lahan secara nasional. Aksi ini dipantau langsung Wakil Presiden Boediono.


“Pemilihan Riau dikarenakan wilayah ini memiliki tingkat hotspots yang tertinggi di Indonesia pada periode 2 Januari-13 Maret 2014″ tulis Kuntoro.


Dari penelitian yang dilakukan tim mengaudit 17 perusahaan diantaranya 5 perusahaan perkebunan dan 12 perusahaan kehutanan. Hasil audit menunjukan mereka tergolong tidak patuh dalam pemenuhan kewajiban minimum berdasarkan ratio persentase yang digunakan auditor.


Tidak ada satu perusahaanpun yang memenuhi seluruh kewajibannya sebagaimana tercantum dalam berbagai legislasi yang ada saat ini terdapat 97 kewajiban minimum untuk perkebunan 122 kewajiban minimum untuk kehutanan dan 67 kewajiban untuk pemerintah daerah.


Kewajiban yang umumnya belum terpenuhi adalah terkait aspek sarana prasarana (Sapras) biofisik sistem deteksi dini dan Sumber Daya Manusia (SDM). Sebagai ilustrasi seluruh perusahaan perkebunan yang diaudit terdapat perusahaan yang sarana prasarananya pencegahan dan penanggulangan kebakaran terletak di luar konsesi karena belum dibangun camp di wilayah tersebut.


Contoh lain menunjukkan bahwa terdapat perusahaan yang memiliki sarana prasarana dukungan pemadaman kebakaran tetapi tidak sesuai dengan kondisi geografis wilayah konsesi misalnya memiliki mobil pemadam tetapi kondisi geografis wilayahnya tidak memungkinkan kendaraan tersebut mencapai berbagai wilayah konsesi


Ini Akar Penyebab Kebakaran Hutan di Riau tim gabungan unit kerja presiden bidang pengawasan dan pengendalian pembangunan ukp4 melakukan audit kepatuhan terhadap perusahaan perkebunan dan ke



ini akar penyebab kebakaran hutan di riau

No comments:

Post a Comment